7 Ide Usaha Tanpa Modal Besar, Awal Jadi Pengusaha

jurnal firman
By -
ide usaha tanpa modal besar

Dampak pandemi covid 19 selama 2 tahun sejak 2020 menyebabkan banyak perusahaan yang gulung tikar. Seusai pandemi, perusahaan yang masih bertahan, beberapa tampaknya juga kesulitan untuk recovery, meski pemerintah sudah membuat stimulus-stimulus untuk menggiatkan perekonomian dengan cepat. 

Ditambah ancaman resesi yang ada di Amerika 2023 menyebakan banyak negara yang mulai merasakan kesulitan mendapatkan dollar, sehingga melakukan penyesuaian-penyesuaian di banyak aspek, yang berdampak daya beli masyarakat menurun.

Meski menurut Badan Pusat Statistik bahwa tingkat pengangguran terbuka di Indonesia mengalami penurunan per Agustus 2022, namun ternyata pada kenyataannya banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya mendapatkan pekerjaan.

Tentunya para korban PHK ini tidak bisa terus menunggu pemerintah menyediakan lapangan kerja yang memadai, sehingga mereka harus memilih untuk segera membuat usaha sendiri, agar bisa bertahan hidup.

Membuat usaha sendiri memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak mungkin. Semuanya butuh tekad dan semangat pantang menyerah. Sudah banyak contoh tokoh-tokoh yang membuktikan membuat usaha sendiri dan sukses, dan tentunya mereka tidak melakukannya dengan instan. Butuh proses jatuh bangun yang tidak singkat.

Karena itu dalam kesempatan ini, kita akan memberikan beberapa ide bisnis yang mungkin bisa membantu anda untuk memutuskan memulai usaha apa.

Berikut adalah beberapa ide usaha yang bisa kamu pilih sebagai usaha yang tidak terlalu membutuhkan modal yang besar.

1. Menjadi Penulis Cerita

Banyak aplikasi penghasil uang yang salah satunya adalah dikhususkan untuk pengguna yang suka membaca cerita dengan berbagai genre. Mereka rela mengeluarkan uang untuk bisa membaca seri berikutnya karena penasaran dengan cerita selanjutnya.

Tentunya platform membaca cerita tersebut pasti membutuhkan stok cerita, dan stok tersebut disuplay oleh para kreator penulis cerita. Karena itu, kamu bisa mencoba membuat cerita berseri yang dibagi menjadi beberapa bab. 

Bab-bab awal, akan diberikan akses secara gratis, namun pada bab berikutnya, pembaca harus membayar untuk bisa unlock cerita. 

Tentunya menulis cerira tidak bisa langsung berhasil. Terkadang kamu butuh untuk melatihnya dengan membuat cerita yang tidak terlalu panjang, dan dibagikan gratis secara penuh (semua bab).

Setelah mulai banyak pengikut yang selalu menunggu ceritamu, berarti pertanda karya tulismu berkualitas dan diakui oleh para pembaca setiamu. Disinilah kamu bisa memulai mempublikasikan karya yang memiliki bab yang harus diunlock.

Dan dalam sekejap, mereka yang sudah menjadi followermu, langsung berlomba-lomba membelinya.

2. Menjadi Influencer

Ini prosesnya memang tidak mudah. Kamu harus terbiasa di depan kamera. Dan terkadang, kalau kamu memiliki paras yang menarik, akan lebih mudah mendapatkan fans viewer.

Kamu bisa memulai live random, cerita seputar keseharian ataupun berbagi tips-tips tertentu. Tentunya materi yang akan kamu paparkan saat live, sudah kamu pelajari terlebih dahulu, sehingga kamu bisa mulai berbicara dengan lepas seputar materi-materi yang sudah kamu siapkan.

Sesekali, bagikan hadiah kecil yang membuat mereka rela melihat kamu live walau sekedar untuk mendapatkan hadiah kecilmu.

Semakin banyak yang menonton setiap kamu live, tentu akan semakin mudah untuk vendor menemukanmu. Mereka selanjutnya akan memintamu untuk live mereview produk-produk mereka. Dan tentunya ada tarif yang bisa kamu tarik dari kerja sama tersebut.

3. Menjadi Buzzer

Berbeda dengan influencer dimana mereka cukup live dan penonton tinggal menyaksikannya. Buzzer harus mengajak orang untuk berinteraksi sesuai dengan petunjuk yang disebutkan oleh kita sebagai starter. Kamu bisa memulainya dengan membagikan hadiah kecil seperti pulsa, voucher belanja dan sejenisnya.

Setelah kamun cukup sering muncul di lini masa, maka vendor akan dengan mudah menemukanmu dan meminta kerja sama untuk mempromosikan produk mereka. Dan disinilah kamu bisa menarik tarif untuk mengganti modal hadiah yang sudah kamu keluarkan sebelumnya dan juga mempersiapkan modal baru untuk buzzer random dikala tidak ada vendor lainnya yang mengantri.

4. Menjadi Youtuber

Sebenarnya ini hampir sama dengan influencer, dimana kita bisa posting video random, ataupun live. Namun ada keunggulan dari Youtube, dimana kamu bisa bekerja sama dengan AdSense for Youtube, sehingga videomu yang diputar oleh penonton, kamu akan mendapatkan komisi dari iklan yang tayang.

Prosesnya memang butuh waktu, namun kamu bisa melakukannya asal tidak mudah menyerah di tengah jalan.

5. Menjual Kue Kering

Camilan masih menjadi kebutuhan sebagian besar orang. Karenanya, mereka yang malas makan nasi atau memang sedang mengurangi karbo, akan mencari alternatif untuk bisa mengganjal lapar.

Disinilah peluangmu untuk bisa mendapatkan calon pembeli. Kamu bisa membuka pre-order, sehingga kamu bisa membuat kue dengan harga bersaing, dan tidak khawatir over stok jika tidak laku.

Namun, pasar orang membeli secara pre-order agak kecil, karena terkadang mereka membutuhkan yang instan, disaat lapar, mereka harus segera makan. Karena itu kamu bisa juga menitipkan ke para penjual kue.

Untuk menitipkan ke penjuak kue, tentunya harganya akan dinaikkan oleh si penjual, karena mereka juga butuh mengambil untung. Sehingga harga kuemu bisa jadi tidak kompetitif karena menjadi mahal. Karenanya, untuk kue yang kamu titipkan, harus ada penyesuaian entah itu ukuran ataupun komposisi, sehingga harganya bisa menarik pembeli.

6. Kurir Freelance

Modalnya ini cukup motor dan tahu jalan saja. Hape dan internet selain dipakai untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan untuk promosi, juga bisa dipakai untuk menunjukkan arah dengan Google Maps.

Baca Juga: Kurir Freelance, Usaha Sampingan Penambah Penghasilan

7. Jasa Cuci Motor

Kamu bisa mencoba ide usaha cuci motor. Modalnya air dan deterjen, serta beberapa lap bersih, sudah bisa memulainya. Kamu tinggal membuat tulisan yang membuat pengguna motor bisa melihat jasamu dengan mudah. Tulis harga yang kompetitif, agar pelanggan mau mencoba jasamu.

Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, gunakan kesempatan untuk melayani mereka sebaik mungkin. Jika pelayananmu memuaskan, mereka akan tertarik menggunakan jasamu lagi di lain waktu.

Itulah beberapa ide usaha yang bisa kamu coba untuk bisa mendapatkan penghasilan setiap hari.

Baca Juga