Berapa Idealnya Panjang Artikel

jurnal firman
By -
tulisan ideal itu panjang atau pendek

Menjadi penulis tentu tantangan terbesarnya adalah membuat karya tulis yang memiliki manfaat untuk pembacanya. Namun terkadang, ada pertanyaan yang sering menjadi penasaran para penulis, yaitu seberapa panjang tulisan kita agar dinilai ideal.

Tidak ada ilmu pasti tentang panjang tulisan dengan nilai ideal, karena hal tersebut cukup subjektif. Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa semakin panjang tulisan, semakin dinilai baik oleh google.

Kenapa begitu?

Sebenarnya tidak ada studi pasti akan klaim ini, namun hal tersebut bisa jadi karena beberapa alasan berikut ini:

1. Makin Panjang Tulisan, Makin Unik

Jika membandingkan secara jumlah karakter tentunya makin banyak tulisan yang kita tulis, makin dinilai unik. Tidak peduli isinya diulang-ulang atau dipanjang-panjangkan.

Namun, google tidak sekedar membaca panjang tulisan, tapi juga membandingkan dengan rasio pentalan dari pembaca. Dimana rasio pentalan turut memberi rating apakah artikel kita dinilai baik oleh google.

Tidak dapat dibohongi, ketika pembaca membaca tulisan kita dan terlalu berbelit-belit, maka mereka akan langsung meninggalkan blog kita, dan itu menjadi buruk untuk website kita kedepannya. Pembahasan yang tidak sesuai dengan kata kunci yang menjadi fokus pencarian pembaca juga turut berperan menjaga rasio pentalan tersebut.

Karena itu, sebaiknya tulis apa adanya, dan sesuaikan antara judul dan badan artikel. Jika memang membutuhkan penjelasan panjang, maka tulis secukupnya, jika memang harus pendek, maka tulis secukupnya pula.

2. Artikel Panjang, Impressi Iklan jadi Lebih Banyak

Tidak hanya kita yang senang jika iklan yang tampil banyak, namun google juga senang tentunya, karena hal itu juga menjadikan peningkatan pada pundi-pundi pendapatan mereka.

Namun, kita juga harus berhati-hati, karena terlalu banyak spam iklan, tentunya kurang menarik untuk pembaca dan bisa menaikkan rasio pentalan yang memperburuk rating relevansi artikel kita di mata google.

Karenanya, meski artikel panjang, jangan terlalu banyak iklan yang ditampilkan. Agar pembaca tidak merasa terganggu, dan artikel kita benar-benar dikonsumsi dengan baik oleh pembaca.

Itukah kira-kira hal yang perlu kita perhatikan untuk menentukan sebarapa ideal panjang artikel kita.

Baca Juga:

Tags: