Kesederhanaan Sedekah yang Bisa Kita Lakukan Setiap Hari

jurnal firman
By -
Kesederhanaan Bersedekah

Kalau berbicara sedekah, terkadang kita teringat dengan sosok ustadz Yusuf Mansyur. Terlepas dari kontroversinya, lewat beliaulah, masyarakat kita tergugah untuk berani bersedekah. Lewat ajakan beliau jugalah, orang Indonesia terbiasa bersedekah.

Walau tidak bisa diklaim 100% kebiasaan bersedekah adalah dari beliau, namun tidak dapat dipungkiri, bersedekah menjadi populer semenjak beliau rajin memberi tausyiah-tausyiah di berbagai tempat.

Berbica tentang bersedekah, kita sepertinya boleh berbangga hati atas kebiasaan tersebut. Karena menurut dokumen World Giving Index, Indonesia menjadi negara yang paling rajin bersedekah. Entah bagaimana cara mereka mengukurnya, namun prestasi tersebut menunjukkan perilaku bersedekah kita diakui oleh dunia.

Ada begitu banyak cara dalam bersedekah. Buat kita yang tidak memiliki uang berlebih, kita tetap bisa bersedekah semampunya. Tak perlu melihat nominal. Ada uang kecil, langsung sedekahkan.

Atau kalau ingin bisa lebih bermakna, kita bisa bersedekah dengan memasukkan uang kecil itu pada sebuah kaleng kecil. Dan biasakan setiap hari kita masukkan uang kecil tersebut ke kaleng yang sudah kita siapkan tadi. Setelah dirasa cukup bernilai besar, kita bisa mengeluarkannya dan mensedekahkan ke pihak-pihak yang dirasa perlu.

Kita juga bisa bersedekah secara elektronik, dengan mentransfer ke rekening sedekah yang saat ini cukup banyak tersedia. Bahkan di beberapa kotak amal masjid, juga disediakan kotak amal yang disampingnya ditempeli sticker QRIS yang memudahkan kita beramal melalui transfer elektronik dengan jumlah kecil sekalipun. Namun, kalau bisa bersedekah lebih besar tentu lebih baik.

Khusus untuk bersedekah melalui QRIS, sepertinya kita harus waspada dengan sticker-sticker yang tertempel di kotak amal masjid. Karena, ada saja modus kejahatan dengan menindih sticker QRIS dengan QRIS lain yang bukan milik takmir masjid. Tentunya hal ini dilakukan, agar uang sedekah kita, masuk ke para pelaku kejahatan. Cek setelah scan QRIS, apakah nama rekening tujuan, sama dengan nama masjid tempat kotak amal berada. Jika tidak sama, segera cari takmir masjid tersebut dan laporkan.

Selain contoh sedekah di atas, ada juga sedekah paling mudah dilakukan. Yaitu sedekah senyum. Dengan menebar senyum, kita menularkan kebahagiaan. Orang yang pas kebetulan sedang gundah gelisah, ketika melihat kita tersenyum, akan ikut terlepaskan sedikit beban didirinya.

Itulah contoh sedekah yang bisa kita coba praktekkan setiap hari.

Baca Juga: Modus Penipuan Paket atau Cek Resi